Recent Post

Jumat, 20 Januari 2012

Internet via GPRS di PC

Modal Online GPRS : HP yang bisa GPRS + Simcard yg bisa GPRS + PC / Laptop + Konektivitas PC dengan HP (bisa infrared atau bluetooth atau kabel data)

Matrix Teruss…setelah IM3 ga gratis lagi, gw agak lama ga manfaatin GPRS, sampe akhirnya gw manfaatin fasilitas kartu Matrix yang katanya flat rate 25rebu sebulan ( walau ga tau sampe kapan ) Well..kemaren itu sebenernya make 6510 gw masih cukup sih, tapi berhubung 6510 gw di minta ama sepupu gw, akhirnya gw kudu ganti HP lagi(dan itu juga udah waktunya ganti :P ) dan pilihan gw jatuh ke Nokia 3650. Awalnya gw agak berat mo beli HP bunder dan gede itu, tapi ternyata gw sekarang satisfy banget, karena selain memory yang bisa ditambah sampe 128MB (walau sampe sekarang MMC 16 MB masih cukup buat gw) HP 3650 gw itu ada mail clientnya, jadi gw bisa ngepop mail di 3650, terusss gw bisa nambah2 aplikasi yang berguna (yang paling berguna sih s60bible heheh) terus bisa nambahin games, bisa nambahin macem2, dan bisa nyimpen contact dan sms yang buanyakkkkkkk banget, dan cukup cepet buat ngeload sms even jumlahnya bisa sampe 1000 :D
Nokia 
3650
Jadi kemana-mana deh ceritanya , baiklah kita fokus lagi berikut ini resume cara make internet via GPRS
modal hardware :
1. HP yang bisa GPRS, lengkap dengan infrared, atau bluetooth, atau kabel data (ini yang jadi modem)
2. Simcard yang bisa GPRS (kalo mo murah yah cari yang flatrate)
3. PC yang ada USB Port (ini tergantung nomer 4 yang tersedia apa)
4. USB Bluetooth atau USB/serial Infrared atau kabel data (tergantung mau koneksi pake apa)
Setting yang harus dilakukan :
1. setting gprs di HP liat caranya dari website ISP yang anda pilih
2. setting Dial Up Networking di PC liat caranya dari Website ISP yang anda pilih
3. instalasi modem HP di PC (ini biasanya ada dalam CD instalasi yang di bagikan dalam box HP)
4. Koneksikan HP dan PC anda (Irda, Bluetooth atau kabel data)
Pemakaian :
yah selanjutnya tinggal klik dari Dial Up Networking nya saja, dan setelah ada icon terkoneksi, makaaa anda siap browsing dari PC anda :)
Oh iya berikut ini sedikit tips memilih kartu simcard dan HP yang bisa dipake untuk make internet di PC via GPRS
1. Pilihlah layanan GSM yang nyediain layanan paling murah, kalo ada yang flat seperti satelindo sudah bisa dipastikan dia paling hemat, soalnya kalo pun per kilobyte murah dan kencang, browsing yang banyak mengakibatkan banyak data terdownload dan akibatnya jadi mahal juga
2. Pilihlah HP yang bagus , setidaknya ada 2 pilihan koneksi, Irda dan Bluetooth, setidaknya kalopun GPRS udah sangat mahal, HP tersebut bisa berguna untuk hal lain
3. Pilihlah HP yang memorynya bisa di tambah, jadi kalau mau buat aplikasi tambahan bisa enak :D
nah dari pengalaman gw, untuk konfigurasi optimum yah simcard Matrix dan HP Nokia 3650 udah yang paling TOP, walaupun belakangan gw menemukan konfigurasi termurah yaitu simcard Matrix + HP Erricson T39. Masalah dengan pilihan termurah yaitu HP nya udah ga ada yang baru lagi saat ini, layarnya kecil, memori ga bisa ditambah, dan banyak deh kurangnya T39 :)
well..Joe pernah bilang, dalam menghitung kita harus bisa menghitung dengan benar, mungkin sekilas HP 3650 emang mahal, tapi dengan fitur2 yang dia berikan rasanya ga mahal2 amat deh (tuh kan gw udah marketing 3650 lagi deh). Mungkin lain kali gw akan lamar kerja jadi marketing di Nokia aja deh eheheheh…
Ini Link setting untuk tiap provider:
Setting GPRS/MMS ProxL:
http://www.lifeinhand.com/bot/id/1.asp
Setting GPRS/MMS Matrix:
http://www.satelindogsm.com/mms-gprs.html
Setting GPRS/MMS Telkomsel:
http://www.telkomsel.com/web/setting/index.php
Setting GPRS/MMS M3:
http://im3.boleh.com/newota/index.html
dan
http://im3.boleh.com/newota/otamms.html
Untuk perbandingan Telkomsel Flash Unlimited vs Indosat M2 Broom vs XL Megadata vs Axis, silakan lihat posting adiknya Joe

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More