Recent Post

Senin, 16 Januari 2012

Cara Menambahkan Menu Move To pada Context Menu

Menambahkan Menu Move To pada Context Menu : Fungsi Menu Move To ini hampir sama dengan menu “cut” yang sudah ada pada menu default Context Menu dalam Windows Explorer, yaitu memindahkan file atau folder dari suatu drive atau folder yang satu ke drive atau folder yang lain. Sebenarnya menu Move To ini sudah ada pada menu bar yaitu Edit >> Move To Folder namun karena alasan kepraktisan mungkin kita perlu menambahkan menu Move To ini pada context menu yang dirasa lebih praktis dan cepat. Jika tertarik, silakan ikuti tipsnya bersama Tips dan Trik Komputer berikut ini.
Dengan menu Move To tersebut, kita dapat memindahkan file/folder dengan lebih praktis setidaknya jika dibandingkan dengan menggunakan menu “cut”, salah satu menu default pada context menu. Untuk menambahkan menu Move To ini kita dapat menggunakan fasilitas regedit Windows dengan langkah-langkah sebagai berikut.
Pertama, jalankan regedit dengan cara seperti biasanya, yaitu Start >> Run >> ketikkan “regedit” (tanpa tanda petik) kemudian tekan OK atau ENTER
Kedua, klik H_KEY_CLASSES_ROOT >> AllFilesystemObjects >> shellex >> ContextMenuHandlers >>
Ketiga, pada folder ContextMenuHandlers klik kanan >> New >> Key dan namai dengan Move To
Kelima, klik pada folder Move To kemudian berpindah ke panel sebelah kanan, kemudian klik double pada string “default” sehingga akan muncul jendela edit string seperti di bawah ini.

1
Keenam, copy kode berikut ini dan pastekan pada baris “value data”, seperti di atas.
{C2FBB631-2971-11D1-A18C-00C04FD75D13}
Ketujuh, kemudian klik OK
Kedelapan, tutup jendela regedit
Kesembilan, selesai
HASILNYA
Untuk melihat hasilnya, silakan buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada salah satu file atau folder dan pastikan menu Move To sudah “nangkring” di sana, seperti di bawah ini.
2
Untuk memindahkan file atau folder tersebut klik menu “Move To Folder” hingga kita akan mendapati jendela yang berisi pilihan drive yang ada di computer kita, seperti di bawah ini.
3
Kemudian tentukan / cari drive atau folder target dan klik “move” maka file atau folder tersebut telah “pindah tempat” sesuai keinginan kita.
Selamat Mencoba !!!
Semoga Bermanfaat !!!

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More